Paspor


Paspor Umroh Haji


Cara Membuat Paspor untuk Jamaah Umroh

Apakah yang dimaksud dengan paspor?

Paspor adalah dokumen yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan bepergian ke luar negeri termasuk pula jamaah umroh. Paspor dapat di buat di Kantor Imigrasi terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.


Apakah kegunaan paspor?

Paspor digunakan sebagai bukti identitas diri seseorang saat berada di luar negeri, karena dokumen ini harus dilindungi dan disimpan dengan sebaik-baiknya baik saat di Tanah Air lebih-lebih saat berada di luar negeri. Anda akan diperiksa oleh petugas saat akan memasuki negara tertentu, bila Anda tidak dapat menunjukkan paspor yang sah, maka Anda akan dilarang masuk ke negara tersebut.


Bagaimana cara membuat paspor?

Untuk membuat paspor Anda harus datang ke Kantor Imigrasi terdekat sambil membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti :

1. Kartu tanda penduduk atau KTP yang sah dan masih berlaku.

2. Kartu Keluarga ( KK )

3. Ijazah terakhir dan Akta kelahiran

4. Surat Nikah bagi yang telah menikah

5. Surat Rekomendasi tertulis bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN dan anggota TNI/POLRI

Khusus bagi para calon jamaah umroh, ada tambahan dokumen yang harus dipersiapkan yaitu surat rekomendasi dari biro perjalanan umroh, ada 2 macam yaitu surat rekomendasi bahwa yang bersangkutan akan berangkat umroh dan yang kedua adalah surat penjamin dari biro perjalanan umroh.

Sebelum mendatangi kantor imigrasi tempat mengurus paspor, pastikan Anda membawa semua dokumen ASLI yang diminta dalam persyaratan diatas. Anda juga akan diminta membeli map hijau dan materai 6000 (biasanya tersedia di koperasi Kantor Imigrasi). Masukkan seluruh dokumen baik yang fotocopy maupun asli kedalam map hijau tersebut.


Bagaimana cara menambah 3 suku kata untuk nama pada Paspor Umroh?

Pertama-tama Anda harus mengisi form isian yang berisi pertanyaan seputar nama, alamat, tempat & tanggal lahir, negara yang akan dituju, dan tujuan Anda kesana. Khusus untuk calon jamaah umroh, data isian nama wajib berisi nama dengan 3 (tiga) suku kata tanpa Gelar. Bila nama Anda hanya terdiri atas 2 suku kata maka Anda akan diminta menuliskan satu suku kata lagi yaitu nama ayah Anda.


Berapa biaya pembuatan paspor untuk umroh?

Setelah lolos verifikasi, petugas imigrasi akan memberikan surat pengantar ke petugas administrasi di front office, dan Anda diminta untuk menukarnya dengan nomor antrian berkode C guna melakukan pembayaran sebesar kurang lebih Rp. 300.000,- untuk paspor 48 lembar (paspor 24 lembar disediakan khusus untuk TKI).

Setelah melakukan pembayaran, Pemohon paspor langsung menuju lokasi pengambilan foto dan sidik jari. Pada saat pengambilan foto, seluruh atribut yang melekat di kepala harus dilepas (kacamata, softlens, peci, dll) KECUALI JILBAB bagi perempuan. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, pemohon diminta untuk menunggu panggilan untuk proses wawancara

Di meja wawancara, Pemohon akan ditanya mengenai negara serta tujuan pembuatan paspor, untuk calon jamaah umroh Anda menjawab Negara tujuan Arab Saudi dan bermaksud melaksanakan ibadah umroh. Anda juga akan diminta menunjukkan dokumen asli berupa KTP, KK, Ijazah dan atau surat nikah.

Apabila dalam proses wawancara tidak ditemukan kesalahan penulisan nama, maka pemohon diminta untuk meneliti kembali data yang telah masuk serta menandatangani buku paspor. Petugas wawancara berhak menangguhkan permohonan paspor jika pada hasil wawancara ditemukan keraguan perihal identitas serta jati diri pemohon. Jika dari hasil penelitian lanjutan dapat dibuktikan ada pelanggaran keimigrasian maka permohonan paspornya akan ditolak.

Setelah wawancara selesai, maka selesailah proses pengajuan paspor. Waktu pengambilan paspor paling lama 4 (empat) hari kerja setelah proses wawancara.

Demikian prosedur pengurusan paspor untuk tujuan umroh, semoga bermanfaat dan dapat membantu calon jamaah agar lebih mudah dalam mendapatkannya sebagai syarat dapat berangkat menunaikan ibadah umroh.


0 comments:

Post a Comment